blog kertas decal

pusat info kertas decal terpercaya

Decal Tahan Gores permanen

Decal permanen hanya bisa digores dengan mesin gerinda

Setelah sekian lama cetak digital keramik gelas yang memakai cairan coating dan press panas ramai sekali di pasaran dan bagi pengusahanya meraup banyak keuntungan, kemudian muncullah kertas decal yang memakai printer saja, dan ditutup dengan varnish, dipanasi hanya dengan suhu 100 derajat, Tidak membutuhkan alat press panas.

kertas decal diaplikasikan ke piring dengan cat khusus, dibakar 620 derajat

Cara-cara sederhana diatas , baik press digital yang menggunakan press panas dan aplikasi dengan kertas decal, sayangnya menghasilkan produk yang tidak tahan gores. Apalagi bila kwalitas coating yang jelek, pengerjaan yang tidak sesuai dengan aturan.

Nah kali ini saya akan membahas bagaimana supaya hasil cetak bisa tahan gores atau permanen.

Permanen dalam artian tidak tergores dengan benda tajam, kalau pakai gerinda baru bisa tergores, tetapi permukaan keramik akan ikut terluka juga. Arti kata permanen : permanen/per·ma·nen/ /permanén/ a tetap (tidak untuk sementara waktu); berlangsung lama (tanpa perubahan yang berarti)

Bagaimana caranya ya? jawab: baca artikel ini sampai habis

Yang perlu disiapkan adalah perlengkapan sablon manual:

a. Screen : Screen ada beberapa ukuran kerapatan benang nylon, dengan ukuran seperti 200T, 180T, 165T, 120T, 90T, 60T, 30T. Semakin besar angkanya semakin halus atau rapat. Biasa yang dipakai dikeramik, 180T s/d 30T. Gambar yang memakai raster, biasanya 180T. Garis-garis, huruf halus memakai 120T. Huruf blog memakai 90T atau 80T.

b. Obat afdruk : Obat afdruk banyak macamnya dan bisa dibuat sendiri dari bahan PVA atau PolyVinyl Alcohol. Yang terkenal dan paling baik adalah merk ULANO. Tetapi sekarang udah banyak sekali merek yang telah beredar.

Obat afdruk screen sablon, tahan air, untuk sablon berbasis air. Bisa dibeli disini
obat afdruk untuk screen sablon

Didalam kemasan biasanya ada dua bahan, yang tempatnya besar adalah lapisan polymer, dan yang kecil cairan sensitizer ( pembuat peka cahaya )

c: Rakel: Rakel adalah untuk menekan cat keluar dari lubang screen ke media cetak seperti kertas dan lainnya. Untuk pegangan terbuat dari kayu, karet rakelnya dijepit didalam kayu.

d: Meja Sablon: Meja sablon untuk tataan pencetakan, diatasnya ada kaca sebagai media untuk melihat passcress serta untuk meratakan hasil cetakan. Rangka Meja Sablon bisa terbuat dari kayu atau besi siku.

e: Rak pengering: di perusahaan sablon yang besar biasanya memakai rak khusus yang kerjanya lebih praktis dan effisien. Tetapi kalau belum punya buat sendiri rangka dari kayu yang dibuat ram-raman dari benang nylon dengan jarak 3 sampai 5 cm.

Rak pengering sablon

f: Transfer Paper/kertas decal : Transfer paper/kertas decal , kertas yang dibuat khusus untuk keramik, yang ada lapisan seperi lem, yang mudah larut diair.

kertas decal atau transfer paper ukuran 50n x 70 cm
bisa beli disini
kertas decal ukuran A4
bisa didapat disini

g: Warna Keramik : Warna keramik, ada 3 jenis yang dibedakan menurut temperatur pembakaran. yaitu warna untuk 580C, 780C dan 1200C tergantung kegunaan.

Warna ini berupa bubuk yang nantinya waktu sablon dijadikan bentuk pasta dengan mencampurkannya dengan medium oil dulu.

Khusus untuk mencetak Foto yang saya tahu hanya ada pada Warna temperature 780C, yaitu warna Cyan, Yellow, Magenta dan Black. Pertama yang harus disablon dulu, urutannya Yellow, Magenta, Cyan dan terakhir Black.

h. Medium Oil :Medium adalah media pencampur untuk warnanya.

Pertama harus ada film, bisa pesan ke perusahaan pembuat film. Atau membuat sendiri dengan printer laser.

Screen dilapisi dengan obat afdruk, perhatikan perbandingan pasta polymer dengan sensitizernya, kemudian dicampur, langsung dilapiskan ke screen dengan menggunakan garisan atau rakel. Setelah rata dikeringkan ( selama pelapisan, pengeringan dan afdruk harus berada dikamar gelap).

Kamar gelap tidak perlu harus gelap betul, yang penting tidak kena cahaya langsung.

Setelah obat afdruknya kering ( bisa dengan kipas angin atau hair dryer ) film diletakkan diatas screen, kemudian dicahayai beberapa detik. setelah itu masuk kamar gelap lagi untuk mengambil filmnya, lapisi permukaan screen dengan air. setelah itu baru boleh keluar, supaya gambar bisa lubang, digunakan sprey air bisa juga pakai semprotan untuk tanaman yang dari plastik.

Setelah gambarnya keluar, screen dikeringkan dipanas matahari atau hairdryer. Setelah kering screen sudah siap digunakan untuk mencetak.

Lihat gambar posisi screen dan mejanya.

sablon manual

campurkan warna keramik dengan mediumnya 60% dari jumlah warna. Diaduk yang rata. biasanya memakai alat yang disebut rollmill atau triple rollmill ( karena rollnya ada tiga ). Supaya bubuknya larut benar dengan cairan mediumnya. Kalau tidak punya alat untuk mencampur, bisa memakai kain screen untuki menyaring dan meratakan campuran cat.

Setelah tercampur rata sudah siap diletakkan diatas screen dan mulai menyablon.

Sablon diatas kertas transfer paper/ kertas decal.

Warna warna yang diperlukan. misalnya sablon warna kuning, setelah kering, sablon warna yang lainnya,

i. Film Solution ( clear cover coat ) : Solution adalah coating (penutup) diatas warna atau image hasil sablon. setelah warna-warnanya kering, diatas warna-warna yang sudah disablon dilapisi lagi dengan film solution ( seperti melapisi varnish ), dengan memakai screen 30T.

Setelah film solution atau clear cover coatnya kering, baru siap dipakai.

Dengan mencelupkan kedalam air, sehingga lapisan solutionnya lepas beserta gambarnya dan yang tersisa kertas yang sudah tak terpakai lagi atau bisa dibuang. Jadi kertas decal berfungsi hanya sementara saya. Lapisan solution beserta gambarnya tadi ditempel diatas barang keramik atau gelas, digosok dengan karet atau kain sampai dibawah lapisan film solution tidak ada gelembungnya, Keringkan siap untuk dibakar ( oven ). Contoh hasil sablon bisa anda lihat dibawah ini. Yang warna orange menutupi image bunga itu adalah lapisan Solution atau Covercoat.Yang sebelah kanan belum dilapisi cover coat.

decal untuk suhu 580-620 derajat celcius, dilapisi clear cover coat

Mengapa harus dilapisi cover coat ( film solution )?

Cover Coat atau Film solution adalah lapisan varnish yang menyatukan hasil cetak supaya seluruhnya bisa dipindah ke permukaan media. Bila tidak dilapisi varnish tersebut, ketika dicelup air gambarnya akan hancur ber keping-keping…?

decal di cangkir lepek baru keluar dari oven 620 derajat celcius
decal di piring dibakar 620 derajat celcius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *